Jumat, 22 Maret 2013

CARA MEMBUAT RADIO ONLINE



Lama nggak nulis nih, kaku gitu tangannya. hahaha lebai  Oke langsung ke topik pembicaraan aja ya. Cara membuat radio internet atau radio online, ternyata gampang banget kok. Tinggal pilih mau gratisan apa mau bayar? Tapi kali ini Saya mau share cara yang gratisan aja ya. Kalo yang bayar TS nggak punya duit buat bayarnya  wakakakak..
  1. Pertama, yang harus Anda lakukan adalah mencari server hostnya. Disini Saya menggunakan Listen2MyRadio.com. Sebenernya ada yang lain seperti caster.fm tapi si Caster ini belum mendukung embed ke blog. Jadi Saya lebih Prefer ke Listen2MyRadio.com.
  2. Setelah itu daftar dan lakukan registrasi sebagai mana mestinya. Nanti Anda akan mendapatkan IP dan Port untuk host radionya.
  3. Disini Saya menggunakan IceCast sebagai servernya. Defaultnya ShoutCast tetapi entah mengapa Saya nyaman dan  suka menggunakan IceCastCatatan : Saat Anda mengubah server, IP dan Port akan berubah juga
  4. Pastikan komputer anda sudah terinstall Winamp dan Edcast. Jika Belum punya softwarenya bisa mendownload winamp disini dan edcast disini.  Oh iya, download pula plugin lame mp3. Karena untuk menjalankan file mp3 edcast memerlukan ini. Plugin lame mp3 dapat didownload disini.
  5. Setelah winamp dan edcast terinstall, ekstrak file lame mp3 di C:\Program Files\Winamp
  6. Kemudian jalankan winamp dan pada preferences DSP/Effects pilih Edcast. Maka akan muncul jendela edcast.
  7. Konfigurasikan Edcast sebagai berikut.
  8. Setelah itu tinggal konekin deh. Untuk yang lainnya bisa di utak-atik sendiri sesuka kita.
Dengan ini anda juga menggunakan embed player, untuk memasang radio Anda pada blog. Disini Saya belum menjelaskan embednya ya?  deh. Lain kali kalo ada waktu pasti Saya bahas di blog 

0 komentar:

Posting Komentar